Asal Usul Kue Nastar - Random "1"

Halo semua di sini saya akan bahas asal usul kue nastar yang selalu ada di meja keluarga atau meja orang-orang kalau kalian main kerumahnya. Karena kue nastar ini sudah menjadi kebiasaan bahkan kewajiban setiap lebaran saya jadi penasaran, sebenarnya kue nastar ini juga punya asal usulnya yang membuat orang-orang menjadi favorit sampai sekarang.

Nah di sini saya iseng-iseng cari tahu asal usul lewat internet dan ternyata benar kalau kue nastar ini sudah ada di Indonesia sejak zaman Belanda yang berarti Ananas dan Tart yang berarti Tart Nanas. Kue nastar atau di sebut Ananas ini merupakan sejenis kue kering campuran dari adonan tepung terigu, mentega, dan telur dengan isian yang umumnya berupa selai buah nanas.

Umumnya bentuk kue nastar selalu berbentuk bulat-bulat dengan diberi hiasan berupa keju seperti kastengel atau diberi cengkeh untuk menambah aroma kue nastar menjadi harum. Nah kebanyakan orang-orang juga kalau membuat kue nastar ini pasti isiannya nanas tetapi saya juga pernah mencoba isiannya saya ganti dengan isi selai strawberry, selai blueberry hingga coklat, hasilnya juga sama memuaskan cuman selera orang-orang berbeda-beda. Dan ini ada resep yang sering buat kue nastar di saat lebaran :

KUE NASTAR


Bahan-Bahan Kue Nastar :

- 250 gram tepung terigu 

- 150 gram mentega atau margarin 

- 1 sachet susuk bubuk

- 3 butir kuning telur

- 100 gram gula halus

- 100 gram keju chedar

- 1 sdt Vanila

Untuk selai nanas saya biasa membeli di toko kue supaya praktis saja.

Cara Membuat kue Nastar :

1. Masukkan kuning telur, gula halus dan margarin cair, lalu aduk rata dengan menggunakan mixer. Kemudian masukkan tepung terigu dan tepung maizena satu persatu, aduk sebentar sampai adonan merata (adonan bisa menjadi keras jika kita mengaduknya terlalu lama).

2. Bentuk adonan tersebut dengan mengambil sedikit adonan tadi, pipihkan, dan masukkan adonan selai nanas. Kemudian bentuklah menjadi bulat, pada bagian ini saya suka sedikit kesulitan supaya bentuk bulatnya sama rata semua.

3. Setelah itu, beri olesan yang sudah di campur dengan kuning telur ke bagian atas adonan. Taburkan sedikit parutan keju diatasnya, lalu beri olesan lagi.

4. Letakkan adonan ke dalam loyang yang sudah dipersiapkan. Sebelumnya, loyang diberi olesan margarin agar hasilnya tidak lengket. Beri jarak antara kue yang satu dengan yang lain disebelahnya.

5. Masukkan loyang ke dalam oven, kemudian panggang dengan suhu 180 derajat Celcius selama 20 menit.

6. Lalu keluarkan agar hasil kue nastar menjadi lebih bagus, kue nastar yang sudah matang, dikeluarkan kemudian diberi olesan lagi dan panggang dalam waktu 10 menit.


Nah ini asal usul kue nastar dan resepnya :) Makasih ya sudah mampir di blog Niken :))

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hobby

Kisah Masa Kecilku

Tokoh Inspiratif "BJ. Habibie & Ainun Habibie"